Ternyata ini perbedaan karburator matic, bebek dan sport

Juni 17, 2022 ・0 comments

Gambar karburator    

    Karburator merupakan komponen dari sistem bahan bakar yang berfungsi melakukan proses pencampuran bahan bakar dan udara dengan perbandingan yang tepat agar dapat dibakar dengan sempurna oleh mesin sepeda motor, karburator juga mempunyai dua jenis yaitu karburator tipe CV (Constant Velocity) yang digunakan sepeda motor matic dan karburator tipe PV (Piston Valve) yang digunakan pada sepeda motor bebek dan sport.

Karburator tipe Constant Velocity (CV)

Karburator CV  

    Karburator tipe ini bekerja berdasarkan kevakuman, jadi ketika grip gas diputar katup kupu-kupu akan membuka dan piston karburator tetap diam tidak bergerak, kemudian karena ada kevakuman dikarburator piston karburator akan otomatis terbuka sesuai kevakuman yang terjadi (piston mesin menghisap udara dari luar yang akan membuat kevakuman didalam karburator dengan bantuan mekanisme membran dan akan mengeluarkan kabut campuran udara dan bahan bakar melalui slow jet dan main jet). Hal ini akan menjadikan efisiensi pemakaian bahan bakar dan sangat cocok untuk tipe mesin penggerak otomatis atau sering disebut sepeda motor matic.

Karburator tipe Piston Valve (PV)

Karburator PV

    Karburator piston valve menggunakan mekanisme penggerak bebas yaitu ketika grip gas diputar maka piston karburator otomatis terbuka dan menghasilkan kabut campuran bahan bakar sesuai dengan posisi piston karburator jika terbuka lebar maka bahan bakar yang dikeluarkan akan semakin banyak dan juga sebaliknya.

Bonus komponen karburator dan fungsinya

  • Needle jet: Mengatur pemasokan jumlah bahan bakar melalui bentuk ketirusan.
  • Main jet: Mengatur pemasokan jumlah bahan bakar pada putaran menengah keatas.
  • Pilot jet/slow jet: Mengatur pemasokan jumlah bahan bakar pada putaran menengah kebawah.
  • Pilot air jet: saluran udara yang ke pilot jet.
  • Main air jet: saluran udara yang ke main jet.
  • Float/pelampung: Menjaga/mengatur volume bahan bakar.

Pengetahuan diatas merupakan pengetahuan yang baru admin ketahui, jika teman-teman ada atau lebih tau dari admin monggo silahkan kasih komentar.

Posting Komentar

If you can't commemt, try using Chrome instead.