4 langkah mudah untuk mengatasi fuelpump yamaha mio j mati

Juli 21, 2022 ・0 comments


kabel body mio j rusak

    Sebagai montir sepeda motor, kita sering menemukan kasus yang cukup rumit seperti motor yamaha mio j ini, sudah beberapa sparepart diganti tapi hasilnya masih nihil motor tetap tidak bisa dinyalakan. Sudah menjadi rahasia umum bahwa masalah yang ada didalam sistem injeksi adalah momok yang cukup menyusahkan untuk beberapa mekanik. Maka dari itu admin ingin membagikan cara mengetahui penyebab fuelpump motor yamaha mio j mati berikut ini (lakukan sesuai urutan):

1. Cek kondisi tegangan aki

    Aki adalah sumber kelistrikan utama pada sepeda motor injeksi, ketika kunci kontak motor yamaha mio j di ON-kan, maka aki akan memberikan tegangan listrik untuk menghidupkan fuelpump, jika tegangan aki lemah maka fuelpump tidak bisa berfungsi dengan maksimal dan akan menyebabkan mesin susah dihidupkan.

2. Cek tegangan  yang masuk ke fuelpump

    Setelah kamu melakukan pengecekan aki (sudah dipastikan sistem kelistrikan dalam kondisi baik), tetapi fuelpum masih tidak mau hidup, langkah selanjutnya adalah mengecek arus yang masuk ke fuelpump, caranya dengan melepas soket fuelpump dan ukur tegangan pada sisi soket fuelpump (jangan keliru dengan kabel indikator bensin ya). Jika ada tegangan yang masuk tetapi fuelpump tidak mau hidup, maka sudah bisa dipastikan bahwa fuelpump tersebut yang mati dan bukan dari keruskan komponen yang lainnya, jika hasilnya sebaliknya silahkan kamu lanjutkan pengecekan berikutnya.

3. Cek kondisi injektor

    Jika ditemukan kondisi injektor rusak, maka ecu/ecm tidak akan mengirimkan sinyal untuk menghidupkan fuelpump, bahkan sistem pengapian pun demikian tidak bisa hidup, hal ini merupakan kondisi yang sudah diprogram oleh pabrikan sebagai keamanan dari sistem injeksi. Cek kondisi injektor dengan AVO meter untuk memastikan kerusakannya, jika tidak ditemukan kerusakan pada injektor silahkan kamu cek sambungan kabel injektor dengan ecu/ecm.

4. Mencoba ecm/ecu untuk dipasangkan di motor yang kondisinya baik

    Ini penting, kamu jangan mencobanya terbalik (ecu/ecm yang kondisinya baik dipasangkan di motor yamaha mio j yang sedang trobel) karena dapat menyebabkan kerusakan pada ecu/ecm tersebut. Silahkan kamu pasangkan ecu/ecm milik motor yang sedang trobel ke motor yang kondisinya baik, jika fuelpump (pada motor yang kondisinya baik) tersebut ikut mati, maka bisa dipastikan ecu/ecm tersebut yang rusak, dan jika hasilnya sebaliknya maka silahkan kamu ulangi langkah diatas deng lebih teliti.

ecu yamaha mio j

Untuk trobel fuel pump mati pada yamaha mio j yang seringa admin temukan, adalah karena ada kabel yang putus seperti yang ditunjukan pada gambar diatas.

Semoga artikel tentang "4 langkan mudah untuk mengatasi fuelpump motor yamaha mio j mati" bisa bermanfaat.

Baca juga: Cara mengecek sistem pengapian sepeda motor injeksi

Posting Komentar

If you can't commemt, try using Chrome instead.