Kekurangan sepeda motor dengan sistem bahan bakar injeksi.

Juni 26, 2022 ・0 comments

     Sistem bahan bakar injeksi adalah suatu teknologi yang membuat sepeda motor menjadi kencang tetapi tetap hemat bahan bakar, hal ini dikarenakan penyuplaian bahan bakar terkontrol secara canggih sesuai kebutuhan mesin putaran bawah maupun putaran atas.

    Sistem bahan bakar injeksi sangat ramah lingkungan bahkan sudah menembus EAURO 4 yang merupakan standar emisi gas buang yang berlaku diindonesia. Sistem bahan bakar injeksi juga merupakan momok yang cukup menakutkan untuk bengkel umum konvensional, karena kurangya akses ke teknologi ini.

    Namun ada beberapa kekurangan dari teknologi ini, salah satunya yaitu ketika ada komponen yang rusak komponen tersebut harus diganti alias tidak bisa diakali, kenapa seperti itu? berbeda dengan sepeda motor sistem bahan bakar konvensional yang sebanyakan komponennya itu mekanis (dapat dilihat secara langsung), sistem injeksi ini semuanya merupakan komponen elektronik yang tidak dapat dilihat secara kasat mata yang tentunya sifat dari komponen elektronik itu harus diganti bukan diperbaiki, lah iya masa kita mau memperbaiki resistor misalnya?.

    Mungkin ada beberapa mekanik yang tidak mengetahui bahayanya memperbaiki komponen sistem injeksi yang seharusnya tidak diperbaiki tetapi diganti, salah satunya memperbaiki/mengakali sensor pendeteksi suhu mesin, mekanik kebanyakan mengakalinya dengan mengganti sesnosrnya dengan resistor, dan hasilnya motor menjadi normal (masalah terselesaikan).

    Tetapi hal ini belum memenuhi prinsip dasar dalam perbaikan yaitu pertama mencari masalah yang membuat motor tersebut tidak normal, kedua memperbaikinya (mengakali/mengganti komponen yang rusak) agar motornya kembali normal dan yang terakhir mengevaluasi yaitu agar kerusakan tersebut tidak kembali terjadi lagi, mengakali sensor pendeteksi suhu mesin hanya memenuhi syarat nomor satu dan nomor 2, karena itu hanya bersifat pereda (tidak mengatasi masalah) dan bahkan dapat merusak komponen lainnya.

    Oleh karena sebab itu salah satu kekurangan dari sistem bahan bakar injeksi yaitu semua komponennya tidak dapat diperbaiki yang membutuhkan biaya mahal ketika ada penggantian komponennya. Semoga bermanfaat.


Baca juga: Banyak yang tidak tahu, cara membersihkan throttle body sepeda motor dengan benar agar motor aman dikendarai.

Posting Komentar

If you can't commemt, try using Chrome instead.