MIFTAH: Kenapa Pada sepeda Motor Vario Sering terjadi ada getaran Pada bagian depan?

April 18, 2023 ・0 comments

Disclaimer: Ini adalah Artikel yang ditulis oleh Siswa-Siswi SMK Jurusan TBSM

Pernah kah anda? Memakai atau menggunakan motor Vario 125 Vario 150, ataupun vario 160. Yang pada saat ditarik gas terjadi getaran pada bagian depan. Mungkin anda kira yang belum mengerti tentang perbaikannya akan berfikir ada kerusakan di bagian depan motor padahal itu salah karena kerusakan yang terjadi yaitu di bagian CVTnya.

Buat kalian yang ingin belajar memperbaikinya tanpa harus ke bengkel bisa belajar disini selama pengalaman Saya belajar tentang ilmu otomotif saya banyak sekali mendapat Ilmu, salah satunya yaitu permasalahan tadi, motor matic yang akan digunakan terjadi getaran pada bagian depan itu bisa terjadi karna kurangnya Perawatan salah satunya yaitu tidak pernah atau Jarang membersihkan bagian CVT yang bisa mengakibatkan adanya getaran pada bagian depan motor.

Dan tahukah anda ? itu semua dikarenakan adanya debu pada bagian CVT lebih tepatnya di bagian Driven Phuley di dalam mangkuknya terdapat debu yang bisa mempengaruhi perputaran V-belt Pada bagian CVT karena debu tersebut bisa membuat kanvas slip dengan mangkuk oleh sebab itu harus adanya perawatan atau pembersihan Bagian CVT. Adapun caranya sebagai berikut :

• Siapkan alat seperti kunci T(8), kunci ring (19 dan 22) play whel holder, dan universal holder

• Lalu buka tutup CVT menggunakan (Cunci T(B) 

• Setelah terbuka lalu Pasang play whel holder pada Driven puley lalu lepaskan mur 19 menggunakan ring 19

• Setelah itu pasang Universal holder pada Drive puley lalu lepaskan mur 22 menygunatan ring 22 lalu lepas semua komponen dan cuci semua komponen kecuali Driven Puley

• Setelah dibersihkan dikeringkan lalu pasang kembali semua komponen sesuai urutan

Mungkin kurang lebihnya seperti itu ilmu yang bisa saya sampaikan apabila ada kesalahan mohon maaf semoga bermanfaat.

Posting Komentar

If you can't commemt, try using Chrome instead.