Banyak yang tidak tahu, cara membersihkan throttle body sepeda motor dengan benar agar motor aman dikendarai.

Juni 21, 2022 ・0 comments

 

throttle body motor

    Throttle body adalah salah satu komponen pada sepeda motor dengan sistem bahan bakar injeksi, throttle body berfungsi sebagai pengontrol aliran udara dan bahan bakar yang diinjeksikan ke ruang bakar mesin, didalam throttle body ada beberapa sensor yang mempengaruhi performa mesin bahkan dapat membahayakan pengendara jika salah dalam penyetelannya.

    Salah satu sensor yang berada di throttle body adalah sensor bukaan gas (Throttle Position) yang berfungsi mendeteksi sudut bukaan gas, jika gas diputar secara penuh maka akan membuat aliran bahan bakar yang diinjeksikan keruang bakar menjadi banyak dan hal ini membuat putaran mesin sangat cepat, lalu apa yang terjadi jika sensor throttle position ini error?

    Ada 2 kemungkinan jika sensor throttle position rusak/error yang pertama yaitu mesin kurang responsif atau gas telat (motor tidak jalan padahal sudah digas) yang kedua ini yang cukup berbahaya karena motor bisa jalan sendiri padahal kita tidak menarik gas.

    Secara teknis hal itu bisa terjadi dikarenakan ECM (komputer motor injeksi) menerima data yang salah dari sensor throttle position, alih-alih mengirim data bukaan gas 0 derajat tetapi throttle body mengirimkannya 40 derajat. Beberapa penyebab rusaknya sensor throttle position adalah sudah mencapai batas dari umur pakai sensor tersebut, kerusakan sensor akibat komponen lainnya seperti kabel terbakar/putus, dan yang terakhir akan kita bahas kali ini.

    Agar sepeda motor dapat berjalan secara normal para pengendara akan mempercayakan perawatan atau pengecekan sepeda motornya kepada bengkel yang ia sukai, salah satu yang dilakukan bengkel (mekanik) ketika melakukan perawatan sepeda motor yaitu membersihkan throttle body, berikut tips dan triknya:

  1. Siapkan kunci/peralatan dan lap.
  2. Lepaskan cover-cover atau tebeng termasuk jog yang menghalangi pelepasan throttle body.
  3. Lepaskan kabel gas dari throttle body.
  4. Lepaskan kabel-kabel dan soket yang menempel pada throttle body.
  5. Lepaskan selang fuel pump/selang injektor
  6. Lepaskan mur throttle body yang menghubungkannya dengan cylinder head atau kop mesin.
  7. Bersihkan throttle body bagian luarnya terlebih dahulu agar ketika terbongkar (throttle body) kotorannya tidak masuk kedalam lubang yang berada di throttle body.
  8. Lepaskan baut ukuran 8 (2 biji).
  9. Bersihkan bagian dalam dengan cara mengkuas dengan bensin pada bagi-bagian yang kotor.
  10. Semprot dengan kompressor yang bagus (tidak ada airnya dan kencang).
  11. Kalau sudah bersih dan kering silahkan rakit dan pasang semua ketempat sepreti semula.
  12. Dan yang paling penting JANGAN PERNAH MENYETEL JARAK BEBAS BUKAAN GAS PADA THROTTLE (gambar yang dilingkari diatas biasanya ada cat warna putih), jika ada penyetelan dikomponen ini akan menyebabkan sensor throttle position menjadi error.

    Semoga bermanfaat. 

Baca juga: Ternyata ini perbedaan karburator matic, bebek dan sport

Posting Komentar

If you can't commemt, try using Chrome instead.