Bisnis Bengkel Sepeda Motor Lebih Mudah dengan Teknologi Aplikasi Admin Bengkel

Agustus 08, 2022 ・0 comments

 

banner promosi admin bengkel

Semakin  berkembangnya teknologi, banyak lini bisnis yang sudah memanfaatkannya untuk bisnis. Seperti perbankan, transportasi, perbelnjaan dan masih banyak lagi. Hanya dengan satu genggaman, para konsumen dapat membeli barang, pesan makanan, mengajukan pinjaman dengan sangat mudah melalui aplikasi.

Seperti yang kita ketahui bahwa manfaat teknologi sangat memudahkan kita untuk melakukan beberapa pekerjaan. Maka dari itu, kami tim AdminBengkel  membuat sebuah aplikasi yang khusus untuk membantu para pelaku usaha bisnis bengkel motor.

Mari kita berkenalan dengan fitur-fitur yang disediakan aplikasi administrasi bengkel motor berikut ini.

1. Mengelola Servis


fitur servis

Jasa servis merupakan sumber pemasukan utama dari bisni bengkel sepeda motor, pasalnnya jasa servis memberikan keuntungan yang paling besar dalam bisnis ini. Mulai dari jasa servis reguler, servis berat, jasa pemasangan sparepart dan jasa yang lainnya.

Dengan adanya fitru jasa servis ini, pemilik atau pelaku usaha bengkel dapat dengan mudah mengelola data jasa servis. Fitur ini memungkinkan pemilik bengkel untuk menentukan harga jasa perbaikannya sendiri, bahkan dapat menentukan berapa lama waktu pengerjaannya.

Waktu pengerjaan servis dapat dimanfaatkan untuk evaluasi kinerja dari bengkel tersebut, misalkan di bengkel ada pekerjaan servis reguler, lalu mekanik mengerjakan pekerjaan tersebut selama 60 menit, padahal waktu pengerjaan servis motor hanya butuh waktu 30 menit. Dengan data tersebut pemilik bengkel dapat mengira-ngira atau mengevaluasi agar si mekanik dapat mengerjakannya dengan tepat waktu. Hal ini pastinya nanti akan membuat kinerja bengkel meningkat.

fitur monitoring pekerjaan

Selain fitur jasa servis, aplikasi Admin Bengkel juga menyediakan fitur antrean pendaftaran. Yang dapat digunakan pemilik yang mempunyai bengkel yang rame, untuk menghindari komplain karena terjadinya crowded di bengkel. Dengan cara mengurai atau mengelompokan pelanggan sesuai dengan keluhannya. Hal ini dapat dilakukan karena setiap pembuatan form pendaftaran akan muncul estimasi waktu secara otomatis. Selain menampilkan estimasi waktu, aplikasi admin bengkel juga menampilkan estimasi biaya yang akan dikeluarkan oleh konsumen.

Baca juga: Standarisasi bengkel motor yang disahkan oleh AdminBengkel. 

2. Fitur Sparepart

fitur sparepart
Selain servis, sparepart juga merupakan sumber pemasukan yang cukup besar. Hasil dari penjualan sparepart akan menambah pundi-pundi revenue yang akan diperoleh oleh pemilik bengkel. Namun apa jadinya jika sparepart yang dijual tidak ada yang mengelola atau mengontrol? Pastinya akan merugikan pemilik bengkel.

Nah, untuk mengatasi kerugian yang diakibatkan oleh pengelolaan sparepart yang buruk. Tim Admin Bengkel membuat sebuah fitur yang akan memudahkan pemilik bengkel dalam mengelola sparepart.

Fitur sparepart ini memungkinkan pemilik bengkel untuk menambah, mengedit, dan menghapus sparepart. Tidak berhenti disitu fitur sparepart ini juga menyediakan sistem stok dan alokasi penempatan sparepart. Jadi setiap item sparepart mempunyai lokasinya sendiri-sendiri. Lalu apa manfaatnya?

Pada saat ini pemilik bengkel menyimpan sparepart didalam dus yang random. Hal ini akan menyulitkan ketika akan mengambil part, karena semua part ditempatkan dalam wadah yang sama. Kondisi ini akan berbeda jika setiap item part mempunyai lokasinya sendiri, pemilik bengkel akan langsung mengambil part sesuai lokasinya, dan ini akan menyingkat waktu kita dalam mengambil part.

Baca juga: Prospek usaha bengkel motor dan sparepart, apakah masih menjanjikan?

3. Fitur Arus Kas dan Laporan

fitur laporan dan arus kas

Arus kas adalah perincian pemasukan dan pengeluaran yang dimiliki oleh suatu usaha. Arus kas ini sangat penting untuk pemilik bengkel dalam mengelola keuangan. Maka dari itu aplikasi Admin Bengkel juga menyediakan fitur untuk mengelola kas.

Ketika ada transaksi yang terjadi maka pemasukan kas otomastis akan bertambah, pemilik bengkel juga dapat membuat pemasukan dan pengeluaran secara langsung. Misalkan kita belanja sparepart, kita dapat membuat laporan kas pengeluaran dengan sangat mudah, yaitu tinggal klak klik klak klik saja.

Selain arus kas, aplikasi ini juga menyediakan laporan yang dapat di ekspor kedalam file excel. Berikut laporan yang dapat dibuat oleh aplikasi Admin Bengkel.

  • Data stok sparepart.
  • Data jasa servis.
  • Data transaksi.
  • Data arus kas.
  • Laporan penjualan sparepart.
  • Laporan pejualan servis.

Dengan adanya Aplikasi ini admin selaku tim Admin Bengkel berharap, semoga aplikasi ini dapat bermanfaat dan digunakan oleh para pelaku usaha bengkel.

Untuk mendownload aplikasi ini, kamu dapat mengeklik gambar download pada website ini.

Baca juga: Tentang Aplikasi Administrasi Bengkel

Posting Komentar

If you can't commemt, try using Chrome instead.