Mengetahui Sejarah Munculnya Sepeda Motor Listrik di Dunia

Agustus 06, 2022 ・0 comments

 

modifikasi motor listrik

Saat ini kita sudah sering melihat kendaraan tanpa polusi atau suara. Kita juga sudah terbiasa melihat kendaraan yang di cas layaknya mainan motor-motoran yang di jual di toko mainan anak-anak. Lalu Pernahkah kamu bertanya-tanya tentang awal mula munculnya sepeda motor listrik? Semua pencapaian ini telah dikembangkan dari generasi ke generasi untuk menciptakan pengalaman berkendara yang lebih aman, nyaman, dan ramah lingkungan. Berikut timeline yang admin teliti untuk mengetahui sejarah sepeda motor listrik dari awal pertama muncul hingga sekarang ini.

  • Tahun 1860: Hak paten pertama untuk sepeda motor yang ditenagai oleh tenaga listrik mulai muncul pada tahun 1860. Tidak banyak dokumentasi pada saat itu, tetapi berkat inovasi 160 tahun yang lalu perkembangan kendaraan listrik sudah mencapai tahap ini.
  • Tahun 1911: Dari tangan Roberto Eugenio Gentile, "sepeda motor listrik" primitif pertama muncul. Ini diperkenalkan di acara Buenos Aires Invention Fair. Sepeda motor listrik ini mampu menjangkau 50km dan dapat mencapai kecepatan 65 km per jam.
  • Tahun 1920: Ransomes Jacobsen Ltd perusahaan pembuat forklift, mengeksplorasi penggunaan sepeda motor bertenaga listrik. Teknologi ini membantu perusahaan untuk menggunakan mobil dan truk penambangan listrik.
  • Tahun 1940: Penjatahan bahan bakar di Amerika Serikat menyebabkan Earle Williams mengubah sepeda motor menjadi tenaga listrik. Hal ini menjadi dasar terbentuknya ParCar dari Marketeer Company.
  • Tahun 1941: Penjatahan bahan bakar di Eropa Pendudukan mendorong perusahaan Austria bernama Socovel untuk membuat sepeda motor listrik kecil. Sekitar 400 diproduksi.
  • Tahun 1967: Sepeda motor listrik bertenaga Fuel Cell pertama yang dibuat oleh Karl Kordesch pada debut Union Carbide. Menunjukkan kelayakan sel bahan bakar sebagai sumber daya. Sel bahan bakar khusus ini adalah sel bahan bakar alkili yang beroperasi dengan hydrazine, propelan bahan bakar roket.
  • Tahun 1967: Prototipe sepeda motor listrik berukuran moped “Papoose” dibuat oleh Perusahaan Sepeda Motor India di bawah arahan Floyd Clymer.
  • Tahun 1988: Eyeball Engineering menciptakan dragbike listrik KawaSHOCKi dan ditampilkan di majalah besar.
  • Tahun 1996: Setelah evolusi yang lambat, karena kurangnya jaringan listrik umum, pabrikan Peugeot menghadirkan model skuter listrik di pameran Cologne. Desainnya tidak berbeda dengan skuter lainnya, sulit untuk menyadari bahwa ini adalah sepeda motor yang tidak membutuhkan bensin untuk bergerak. Ini adalah sepeda motor listrik pertama yang diproduksi secara massal, pelopor dalam dunia yang sedang booming.
  • Tahun 2000-an: Perkembangan baterai lithium-ion yang sangat pesat membuat perusahaan berlomba-lomba untuk membuat kendaraan bertenaga listrik.
  • Tahun 2006: Vectrix memperkenalkan skuter listrik performa tinggi pertama yang tersedia secara komersial, VX-1, skuter ukuran Maxi.  Masalah terbesar dengan versi pertama ini adalah baterainya. Mereka memungkinkan otonomi nyata yang rendah mendekati 48 km dengan kecepatan 80 km / jam.  Perusahaan tersebut bangkrut dan grup baterai Gold Peak membeli perusahaan tersebut pada tahun 2009. Vectrix memperluas lini produk, menawarkan roda tiga VX-2 dan VX-3. Model-model ini ada hari ini.
  • Tahun 2009: Mission Motors, startup San Francisco yang dipimpin oleh mantan insinyur Tesla, memperkenalkan Mission One, sepeda motor listrik yang mampu mencapai 150 mph, menjadikannya kendaraan listrik produksi tercepat di dunia.  Pada tahun yang sama, Zero Motorcycles menyelenggarakan acara "24 Hours of Electricross" di San José. Ini dianggap sebagai balapan ketahanan off-road all-electric pertama.
  • Tahun 2011: Setelah 10 tahun memproduksi Peugeot scoot´Elec, merek Prancis meluncurkan e-Vivacity, dengan proposal untuk baterai yang lebih tahan lama. Di sinilah ledakan komersialisasi dan pengembangan sepeda motor listrik dimulai.
  • Tahun 2011 - sekarang: Karena meningkatnya permintaan, persaingan industri sepeda motor listrik menjadi semakin ketat. Hal ini ditandai dengan munculnya perusahaan-perusahaan baru pembuat sepeda motor bertenaga listrik, dan membuat perusahaan yang lainnya ingin mengikuti perlombaan menjadi produsen sepeda motor terbaik.

Demikian artikel tentang "Mengetahui Sejarah Munculnya Sepeda Motor Listrik di Dunia", semoga bermanfaat.

Posting Komentar

If you can't commemt, try using Chrome instead.