Ibnu Maulana Aziz: V-Belt

April 05, 2023 ・0 comments

Disclaimer: Ini adalah Artikel yang ditulis oleh Siswa-Siswi SMK Jurusan TBSM

Mungkin sebagian masyarakat tidak mengetahui bahwa ada komponen yang bernama v-belt pada motor jenis mmatic dan komponen tersebut sangat penting.

Kalian bisa melihat bahwa hamper di setiap jalan terlihat banyak sekali masyarakat Indonesia yang memiliki motor matic seperti sepeda Beat, Vario, Scoopy, dan PCX. Tetapi mereka tidak menyadari adanya v-belt. Padahal v-belt adalah salah satu komponen yang sangat penting bagi sebuah sepeda motor agar dapat berjalan.

Kenapa sih v-belt sangat penting bagi motor? Nah v-belt itu sama sperti halnya rantai, jika v-belt itu putus maka motor tidak dapat berjalan seperti semestinya, nah sebelum kita mengetahui kenapa sih v-belt bias putus kita harus mengetahui letaknya dimana dan apa saja komponen-komponen penggeraknya. Jadi v-belt itu terletak di bagian dalam dari CVT dan di dalam CVT ada beberapa komponen salah satunya seperti driven pully. Nah saat motor berjalan v-belt berputar dan bergesekan dengan komponen-komponen yang ada di dalam CVT. Jadi lama-lama akan mengalami retak.

Sebab itu harus selalu mengecek keadaan v-belt kita dan dilakukan pergantian setiap 24.000 KM.

Posting Komentar

If you can't commemt, try using Chrome instead.