Ini waktu atau kondisi yang tepat untuk ganti kampas rem sepeda motor

Juli 07, 2022 ・0 comments

 

kampas rem bekas
    Kampas rem termasuk komponen sepada motor yang penting, karena berhubungan dengan keselamatan pengendara, jika kita lalai dalam pengecekan dan perawatan kampas rem, maka akibat yang akan kita terima sangatlah mahal.

    Beberapa pemilik sepeda motor sangat gegabah atau tidak memperhatikan komponen kecil ini, pasalnya mereka berkeyakinan bahwa kalau pengereman sepeda motornya normal berarti tidak ada masalah dengan sistem pengeremannya, padahal ini bisa menjadi bumerang buat mereka sendiri, kita sering melihat kejadian sepeda motor remnya tidak berfungsi atau blong pada saat jalan menurun, lalu apa penyebabnya?

    Peristiwa ini dalam istilah teknis biasanya disebut Vapor Lock yaitu kondisi dimana suhu minyak rem terlalu panas dan menguap sehingga rem cakram menjadi blong(kondisinya seperti ada udara masuk kedalam sistem rem). Penyebab dari vapor lock ini adalah pengendara yang terus menerus menekan tuas rem padahal tidak dibutuhkan untuk mengerem, kualitas minyak rem yang kurang bagus, master rem macet dan yang terakhir karena kampas rem sudah aus(tidak layak pakai).

    Kenapa kampas rem yang aus dapat menyebabkan vapor lock? padahalkan tidak bersinggungan langsung denganminyak rem, jawabannya adalah cakram bersentuhan langsung dengan besi kampas rem (sudah aus tinggal besinya) yang menyebabkan panas yang berlebih diarea kaliper, panas yang dikaliper ini yang lama kelamaan membuat minyak rem mendidih seperti merebus air. 

kampas rem aus

    Gambar diatas merupakan contoh kampas rem yang baru/masih bagus dengan kampas rem yang sudah waktunya diganti, cara membedakannya adalah dengan melihat kondisi garis yang ada dikampas rem, kalau garisnya sudah tidak terlihat berarti kampas rem harus segera diganti dan jangan menunggu sampai lapisan kampas rem tersebut habis sehingga hanya menyisakan besinya saja, ini akan berakibat fatal, selain dapat membuat rem menjadi blong kampas rem yang tidak diganti secara tepat waktu juga mengakibatkan cakram menjadi aus dan ini akan membuat anda membayar cakram yang baru.

Baca juga: Bahaya, kamu harus tau pentingnya lampu rem sepeda motor


Posting Komentar

If you can't commemt, try using Chrome instead.