Sistem keamanan remot Honda PCX 150, 160 dan Vario 150

Juli 08, 2022 ・0 comments

Remote pc banyak

    Seiring dengan perkembangan teknologi perusahaan-perusahaan otomotif berlomba-lomba dalam membuat produk yang canggih tetapi mudah dan aman digunakan, salah satunya yaitu teknologi keyless atau tanpa anak kunci tetapi menggunakan remote untuk menyalakan sepeda motor.

    Sistem kerja dari remot ini adalah mengirimkan sinyal dari remot kemudian sinyal tersebut ditangkap oleh receiver khusus yang terprogram, apabila sinyal tersebut cocok atau sesuai frekuensinya maka motor akan bisa dinyalakan.

    Pertanyaannya adalah apakah motor yang menggunkan sistem remot ini bisa dicuri atau dinyalakan dengan cara menjumper kabel kunci kontak (menyambungkan kabel secara paksa)? Jawabannya adalah motor tidak bisa dinyalakan, menjumper kabel pada saluran sambungan kunci kontak hanya akan bisa menyalakan kelistrikan motor saja seperti lampu depan, lampu sein dan komponen instrumen lainnya tetapi tidak bisa untuk menyalakan mesin, hal ini dikarenakan ECU/ECM dari motor tersebut sudah diprogram jika ada orang yang secara paksa dan sengaja menyambungkan kabel kunci kontak maka komponen yang berhubungan dengan penyalaan mesin seperti fuel pump, injector dan sistem pengapian akan diblok atau tidak bisa hidup dan akhirnya mesin tidak bisa dihidupkan alias mogok.

    Selain sistem keamanan diatas, sepeda motor yang menggunakan teknologi remote juga sudah tersedia alarm sepeda motor yaitu apabila ada aktifitas yang janggal seperti pembobolan kunci kontak atau secara paksa merusak kunci stang maka alarm akan aktif dengan cara membunyikan buzzer (tiit tiiit tiiiiiiiit dst). Cara mengaktifkan alarm ini hanya cukup menekan tombol yang disediakan pada remote motor tersebut.

    Dengan adanya teknologi canggih seperti ini bukan berarti kita bisa gegabah, karena orang jahat pasti mempunyai 1000 cara bahkan jutaan cara untuk melakukan pencurian motor, tetapi dengan adanya teknologi remot ini sangat kecil kemungkinannya motor bisa dicuri. Oh iya jangan pernah tinggalkan atau menaruh remote didalam saku motor karena kita sebagai manusia tempatnya lupa maka untuk menghindari remot tertinggal dimotor maka tempatkan remot didalam saku celana atau baju karena ini dapat mengantisipasi kelupaan remot tertinggal di motor, jika remot tertinggal di motor maka semua orang dapat menyalakan dan membawa motor tersebut, dan selalu matikan remot untuk menghindari aki tekor.

Baca juga: Banyak yang tidak tahu, cara membersihkan throttle body sepeda motor dengan benar agar motor aman dikendarai.

Posting Komentar

If you can't commemt, try using Chrome instead.