Pengalaman admin mengatasi CBR250RR mogok, ternyata cuma kabel koil terbalik

Juli 09, 2022 ・0 comments

cbr-250rr-hitam

     CBR250RR merupakan sepeda motor premium milik pabrikan honda, kemunculan pertamanya di Indonesia pernah menjadi trending topik didunia otomotif, karena engineer atau penciptanya asli dari Indonesia, beberapa teknologi pun disematkan di motor sport premium ini.

    Throttle by wire adalah teknologi terbaru yang hanya dimiliki oleh CBR250RR ini mempunyai cara kerja cukup inovatif, jika pada sepeda motor lainnya menggunkan mekanisme gas motor secara mekanis di motor CBR250RR ini mekanisme gas motor digerakan secara elektronik yaitu didalam grip gas terdapat sensor yang berbentuk potensiometer (mekanismenya seperti putaran  volume pada speaker) yang berfungsi memutar dinamo yang ditempel di throttle body untuk menggerakan katup kupu-kupu pada throttle body, jadi sudah tidak pakai kabel kawat lagi untuk mekanisme gasnya.

    Tentunya masih banyak lagi fitur yang disematkan pada sepeda motor CBR250RR ini seperti shock depan upside down, 2 silinder dan lainnya, oh iya simak cerita ketika admin menangani CBR250RR mogok dibawah ini.

    Kejadiannya sekitar pertengahan tahun 2017 admin mendapatkan konsumen yang mengeluhkan sepeda motor CBR250RR-nya mogok, setelah admin tanya-tanya ke ownernya ternyata motor sempat dibongkar dibengkel lain karena habis kecelakaan, setelah di analisa semuanya admin mulai mengeksekusi motor CBR250RR tersebut. Yang pertama admin lakukan adalah melakukan pengecekan sesuai prosedur penangan motor mogok, mulai dari volume bahan bakar yang ada ditengki, pengecekan sistem pengapian dan pengecekan sistem bahan bakar, admin sudah melakukan pengecekan tersebut secara berulang-ulang dan teliti tetap saja nihil motor tetap tidak mau menyala.

    Setelah stuck dimasalah ini selama berjam-jam admin memutuskan untuk beristirahat sambil mencari cara/tutorial di google dan ternyata google pun tidak memberikan solusi, pasalnya motor CBR250RR ini termasuk keluaran terbaru ditahun saat itu jadi tidak banyak informasi tentang motor CBR250RR ini, setelah selesai istirahat dan tidak mendapatkan informasi apa pun admin mulai berkerja lagi dan akhirnya memutuskan untuk membongkar mesin CBR250RR ini, saat itu admin yakin bahwa CBR250RR ini mogok bukan karena dari sistem pengapian atau sistem bahan bakarnya yang rusak soalnya sudah dicek berkali-kali CBR250RR ini tetap tidak bisa hidup atau masih mogok.

    Admin mulai menyiapkan peralatan-peralatan untuk membongkar mesin motor CBR250RR ini, mulai dari kunci ring, kunci sok sampai engine stand-nya, berhubung standar pembongkaran mesin CBR250RR ini harus steril dari debu akhirnya admin masuk keruangan khusus untuk membongkar mesinnya, pertama-tama admin memisahkan mesin dengan rangkanya, lalu admin mulai membongkar mesinnya dari atas yaitu cylinder head, setelah terbuka selanjutnya admin melepaskan cylinder comp-nya, setelah semuanya terlepas admin mulai mengecek komponennya satu persatu sesuai spesifikasi CBR250RR, setelah sekitar 1 jam pengecekan komponen mesin sudah selesai dan hasilnya semua komponen mesin CBR250RR ini masih bagus tidak ada yang aus atau rusak, nah admin tambah bingungkan, akhirnya admin memutuskan untuk merapikan alat-alat dan melanjutkannya esok hari.

    Keesokan harinya pun admin mulai merakit kembali mesin CBR250RR ini yang sudah dibongkar, admin menggunakan kunci torsi untuk mengencangkan baut-baut mesinnya, soalnya kalau kekencangannya tidak sesuai maka akan menambah masalah lagi seperti suara mesin kasar, kompresi bocor dll, dan akan membuang-buang waktu. Dan setelah semuanya terpasang dengan baik dan rapi akhirnya admin mencoba menyalakan motor CBR250RR ini lagi, dan jeng jeng jeng motor tetap tidak mau hidup.

    Wah saat itu admin tambah mumet dan sudah mulai frustasi karena sudah berbagai cara admin lakukan tetapi sama saja motornya tidak mau hidup, singkat cerita admin mendapatkan ilham (tiba-tiba ingat) motor ini kan habis kecelakaan pasti bengkel press body-nya melepas kabel bodi, dan pada saat itu juga admin ingat bahwa motor CBR250RR ini mempunya dua silinder yang pastinya mempunyai dua koil pengapian, dan ternyata benar setelah admin coba menukar posisi koil dari koil yang berada dikiri admin pindah ke posisi sebelah kanan begitu juga sebaliknya, akhirnya alkhamdulillah motor berhasil hidup. Dan setelah admin melakukan pengecekan berulang-ulang kali dan sampai bongkar-bongkar mesin ternyata maslahnya sangat sepele yaitu hanya posisi koil tertukar. Hehe

Kenapa posisi koil tertukar bisa membuat motor CBR250RR mogok? Jawabannya akan kamu ketahui jika kamu belajar cara kerja sistem pengapian dari mesin 2 silinder seperti CBR250RR atau jika kamu tidak mengerti silahkan tanyakan didalam komen dibawah ini.

Baca juga: Sebagai teknisi perbaikan, saya yakin semuanya akan berjalan normal dan dapat kembali seperti dulu lagi.

Posting Komentar

If you can't commemt, try using Chrome instead.