Tips merawat aki motor agar bertahan hingga 5 tahun

Juli 28, 2022 ・0 comments

 tips merawat aki motor

    Aki motor adalah sumber arus listrik utama pada sepeda motor, maka sangat penting untuk kita merawatnya dengan baik. Aki motor berfungsi sebagai sumber arus ketika motor pertama kali dinyalakan atau distarter. Selain fungsi utamanya untuk menghidupakan starter, aki motor juga sangat penting untuk menghidupkan komponen lainnya.

motor injeksi

    Pada sepeda motor injeksi aki motor berperan untuk menghidupkan/menjalankan fuelpump/pompa bahan bakar, dan berfungsi untuk sistem pengapian sepeda motor. Dengan fungsi pentingnya ini, tidak heran jika motor injeksi yang aki motornya bermasalah akan menurunkan performanya secara signifikan, bahkan di sepeda motor tertentu dapat menyebabkan motor mogok.    Ada dua tipe aki motor yang kita ketahui, yaitu aki basah dan aki kering, dan kedua-duanya ini akan admin bahas. Agar aki motor lebih awet bertahan hingga tahunan silahkan simak tips berikut ini.

1. Cara merawat aki motor tipe basah

aki motor tipe basah

    Aki tipe basah biasanya di gunakan sepeda motor model lama tahun 2010 ke bawah. Oh iya mungkin dari kalian ada yang masih bingung tentang penggunaan air zuur dan air suling pada aki motor tipe basah.

Aki zuur
digunakan untuk aki motor baru yang belum pernah dipakai/dikasih air. Sedangkan air hasil suling digunakan untuk mengejog atau dipakai ketika air didalam aki berkurang.Berikut tips untuk merawat aki motor tipe basah:

  • Lakukan pengecekan volume air aki secara berkala minimal 1 minggu sekali, hal ini dilakukan agar ketika kamu menemukan volume aki berkurang, maka kamu langsung bisa menambahkan air hasil suling untuk menambah volume air aki tersebut. Hal ini dilakukan untuk menghindari volume aki dalam kondisi kosong. Dan Yang terjadi jika kita memaksakan menggunakan aki tersebut, maka dapat mengurangi kualitas separator atau plat yang ada di dalam aki, dan ini salah satu penyebab umur aki berkurang.
  • Bersihkan terminal aki jika kamu menemukannya dalam kondisi kotor. Ketika motor berjalan, maka aki akan secara otomatis di isi oleh sistem pengisian. Dan kotoran pada terminal aki ini dapat menghambat sistem pengisian sepeda motor, jadi selalu jaga terminal aki agar tetap bersih ya teman-teman.

2. Cara merawat aki motor tipe kering

aki motor tipe kering

    Minimnya perawatan, dan umur aki yang relatif lebih lama, menjadi alasan pabrikan untuk menggunakan aki jenis ini untuk motor terbabrunya. Bahkan jika kita merawat aki tipe ini dengan baik, maka bisa bertahan sampai 5 tahun.

Berikut tips agar aki motor tipe kering dapat bertahan lebih lama:

  • Jangan lupa mematikan atau meng-OFF-kan kunci kontak ketika motor sudah digunakan.
  • Jangan memsang aksesoris tambahan, seperti klakson variasi, lampu variasi dan sejenisnya.
  • Selalu gunakan Genuine Part, atau merk aki yang di anjurkan oleh pabrikan.
  • Melepas kabel negatif aki ketika motor tidak dipakai dalam jangka waktu lama (1 minggu lebih), misalnya ditinggal saat merantau.
  • (Khusus yang ada selahan/kickstarter/jeglegan) Jangan sering menggunakan double starter (tombol starter) jika motor hanya akan menempuh jarak kurang dari 1KM, karena dengan jarak 1 KM, sistem pengisian motor tidak dapat mengisi aki sebanyak listrik yang dihabiskan ketika menekan tombol starter (arus yang dihabiskan pada saat menggunakan tombol starter sangat besar).

 

kelistrikan sepeda motor

    Komponen kelistrikan adalah komponen yang ketika ada kerusakannya tidak bisa terdeteksi dengan kasat mata atau dengan pengecekan fisik, tetapi harus di cek dengan alat ukur yaitu AVO Meter. Komponen kelistrikan juga termasuk komponen yang hoki2an, maksudnya kalau temen-temen beruntung ya nantinya bisa dapat komponen kelistrikan yang awet, tapi kalau sedang apes ya kadang motor baru beli dari dealer, eh aki-nya sudah tekor. Tetapi biasanya dealer akan memberikan garansi sparepart, jika kerusakan aki bukan dari kesalahan pengguna(human error), dan kerusakan akibat kondisi lingkungam tertentu, seperti menerjang banjir, itu biasanya claim garansi tidak bisa di lakukan.

Semoga artikel tentang "Tips merawat aki motor agar bertahan hingga 5 tahun" dapat bermanfaat. Terimakasih.

Baca juga: Motor mogok di jalan, jangan panik mungkin ini solusinya?

Posting Komentar

If you can't commemt, try using Chrome instead.