Siapa sebenarnya mekanik itu, dan apa saja yang biasa mereka kerjakan?

Juli 28, 2022 ・0 comments

 

mekanik

    Menurut wikipedia Mekanik atau montir ialah seorang perajin, pekerja terampil atau teknisi yang menggunakan peralatan kepada membangun, mempertahankan atau reparasi mesin.

Baca juga: Apakah cewek pantas jadi mekanik?

    Ngomong-ngomong tentang perawatan sepeda motor, kalian pasti sering mendengar istilah mekanik ketika sedang berada di bengkel motor atau mobil. Lalu siapa sebenarnya mekanik itu? Pekerjaan apa saja yang sudah dilakukan mekanik, khususnya mekanik motor? Agar wawasan tentang mekanik menjadi lebih luas. Simak informasi selengkapnya di bawah ini.

mekanik motogp

Pengertian Mekanik 

    Mekanik menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) artinya ahli mesin. Mekanik sendiri diambil dari kata "Mekanika", yang artinya ilmu khusus yang mempelajari tentang pelaksanaan mesin, alat atau benda yang seperti mesin. Mekanika juga berarti ilmu pengetahuan yang mempelajari gaya gerak suatu benda serta efek dari gaya yang dihasilkannya.  Jadi bisa kita simpulkan mekanik adalah seseorang yang ahli dan mengerti tentang cara memperbaiki mesin. Bukan hanya mengerti tentang cara memperbaiki mesin, mekanik juga harus menguasai pengetahuan tentang mekanika. Mekanika juga mempunyai beberapa golangan, yaitu mekanika klasik, mekanika fluida, mekanika tanah, mekanika kuantum dan masih banyak lagi.simulasi mekanika

    Seperti yang kita tahu, bahwa mekanika tidak terbatas dengan mesin kendaraan saja. Karena pada dasarnya mekanika juga merupakan ilmu yang mempelajari gaya gerak suatu benda dan efek dari gaya yang dihasilkannya. Jadi orang yang mempelajari sepeda, robotik dan mesin industri lainnya juga bisa disebut mekanik. Namun yang akan kita bahas kali ini adalah mekanik motor, setelah kita mengetahui pengertian mekanik seperti yang di informasikan diatas, bisa kita tarik kesimpulan bahwa mekanik motor adalah seseorang yang menguasai pengetahuan tentang sepeda motor, mulai dari baut, mur, ring hingga satu motor utuh, serta ahli dalam merawat dan memperbaiki sepeda motor dengan alat khusus .

Baca juga: Benarkah semua mekanik mempunyai orang tua yang berprofesi sebagai penjahit baju? 

Pekerjaan Seorang Mekanik

    Jika kita berbicara tentang pekerjaan dari seorang mekanik, maka kita tidak bisa menjawabnya secara spesifik, karena mekanik mempunyai lingkup pekerjaan yang sangat luas, apalagi sekarang sudah ada yang namanya mekanik modern, yaitu mekanik yang di tuntut untuk mempunyai banyak keahlian, seperti administrasi, promosi, dan marketing.

    Pada intinya tugas seorang mekanik adalah merawat, membuat, hingga memperbaiki mesin. Namun tugas mekanik juga bisa dibagi menjadi beberapa pekerjaan khusus, misalnya mekanik yang hanya mengerjakan pekerjaan ringan seperti mengganti sparepart, mekanik yang khusus bongkar pasang mesin, mekanik yang khusus mengerjakan servis reguler dan lainnya.

pekerjaan mekanik

Adapun pekerjaan minimal yang harus dilakukan mekanik adalah sebagi berikut.

  • Bertanggung jawab atas kebersihan dan perawatan alat-alat
  • Melakukan analisa kerusakan sistem, baik itu sistem rangka, mesin, maupun sistem pengapian dan sistem lainnya.
  • Merekomendasikan penggantian komponen kendaraan yang rusak.
  • Memperbaiki komponen kendaraan yang rusak.
  • Melakukan pengecekan kendaraan yang sudah dilakukan.
  • Menyampaikan hal-hal yang sudah ia kerjakan kepada pelanggan.

Selain melakukan pekerjaan diatas, mekanik motor yang handal juga harus bisa melakukan pekerjaan dibawah ini.

  • Mengetahui cara pengoperasian alat-alat modern dan canggih.
  • Memahami jenis-jenis karakteristik sepeda motor.
  • Mengikuti perkembangan teknologi sepeda motor.
  • Mampu berkomunikasi dengan baik kepada pelanggan.
  • Mampu mendiagnosa kerusakan dengan cepat dan tepat agar pekerjaan perbaikan menjadi lebih efisien.

Gaji Mekanik

gaji mekanik

    Setelah kita mengetahui siapa itu mekanik dan tugas-tugas yang mekanik kerjakan, kita akan membagikan kisaran gaji dari seorang mekanik. Gaji mekanik sangatlah relatif, antara mekanik mobil dan motor pun selisihnya lumayan banyak, maka dari itu admin hanya akan membagikan kisaran upah atau gaji seorang mekanik motor. Sebelumnya admin disclaimer dulu, bahwa gaji yang dimaksud hanyalah perkiraan, tentu saja bisa berbeda dengan yang ada di lapangan. Berikut daftar gaji mekanik sesuai posisi pekerjaannya.

  • Mekanik press body - mekanik press body biasanya menerima bayaran sebesar Rp80,000 setiap harinya, dan sudah termasuk uang makan, jadi kalau di total gaji mekanik press body di kisaran Rp1,750,000/bulan (25 hari kerja).
  • Mekanik bengkel umum - mekanik bengkel umum tidak bisa di patenkan besaran gajinya, karena biasanya mekanik bengkel umum menggunakan sistem bagi hasil, yaitu 40% untuk pemilik bengkel dan 60% untuk mekanik. Jika kamu mekanik dan juga pemilik bengkel, maka besaran gaji atau keuntungan yang akan kamu dapatkan pasti lebih besar.
  • Mekanik bengkel resmi - mekanik bengkel resmi biasanya sangat makmur, karena selain mendapatkan gaji tetap (umr) dan tunjangan, mereka juga medapatkan insentif dari banyaknya pekerjaan yang telah mereka lakukan.
  • Mekanik spesialis moge (Motor Gede) - menjadi mekanik moge ini lah yang sangat di idam-idamkan oleh para mekanik, karena gaji mereka di hitung berdasarkan waktu yang mereka gunakan ketika melakukan perbaikan sepeda motor, bahkan ada yang gajinya sekitar Rp500,000 tiap jamnya. Konsumennya pun dari kalangan elit, artis-artis terkondang seperti Andre Taulany dan anggota Prediksi lainnya. Sayangnya hanya beberapa orang saja yang bisa menjadi mekanik moge, hal ini dikarenakan terbatasnya materi-materi tentang motor gede seperti Harley Davidson yang terpublish.

Tips Menjadi Mekanik Sepeda Motor

tips menjadi mekanik

    Mungkin beberapa dari kalian ada yang bertanya-tanya cara menjadi mekanik, baik itu mekanik bengkel umum maupun bengkel resmi:

  • Belajar dasar-dasar sepeda motor, seperti cara kerja mesin, sistem pengapian, sistem bahan bakar dan dasar-dasar lainnya. Hal ini bisa kamu dapatkan dengan cara membaca buku atau artikel di Internet.
  • Mengikuti pelatihan servis motor, jika kamu tidak mempunyai biaya, kamu bisa main ke bengkel yang dekat dengan rumah kamu (rak sah isin), lalu amati yang mereka kerjakan serta tanyakan apa yang ingin kuasai.
  • Mengetes keahlian yang sudah kamu pelajari, dengan cara menservis sepeda motor milik sendiri, agar ketika ada kerusakan yang tidak di sengaja, kamu tidak akan merugikan orang lain.
  • Konsisten dan belajar sungguh-sungguh, ini akan mempercepat kamu mendapatkan keahlian menjadi mekanik.

Ketika kamu melakukan tips-tips diatas dengan baik, maka bisa di perkirakan, selama satu bulan kamu sudah bisa menjadi seorang mekanik walaupun belum mempunyai title mekanik handal.

Kesimpulan: Mekanik adalah suatu profesi pekerjaan yang bertanggung jawab merawat dan memperbaiki kendaraan, dengan alat-alat khusus serta mendapatkan bayaran yang sudah ditentukan sebelumnya.

Demikian artikel tentang "Siapa sebenarnya mekanik itu, dan apa saja yang biasa mereka kerjakan?", semoga bermanfaat.

Posting Komentar

If you can't commemt, try using Chrome instead.