Hal-hal yang perlu diperhatikan saat servis motor.

Juli 01, 2022 ・0 comments

 

servis motor
    Servis motor merupakan suatu aktifitas untuk menganalisa dan memperbaiki sepeda motor agar kondisi motor selalu terjaga, nyaman dan aman dikendarai. Servis motor dilakukan oleh mekanik dan dikerjakan dibengkel servis motor. Ada beberapa jenis servis yaitu servis ringan (Light Service), servis reguler (Regular Service) dan servis berat atau turun mesin (Heavy Reapair).

    Tidak hanya mekanik sebenarnya semua orang bisa dan dapat melakukan servis sepeda motornya sendiri, seseorang yang mengecek rem-rem, lampu-lampu dan kaki-kaki (roda dan ban) sebelum dikendarai juga sudah termasuk servis motor tetapi jenis servis motornya servis ringan.

    Namun untuk kamu yang ingin meningkatkan skill servis motor sebelumnya harus perhatikan poin-poin sederhana berikut ini.

Menanyakan keluhan sepeda motor konsumen

    Keluhan sepeda motor termasuk yang paling penting, karena logikanya kalau motor masih enak dipakai jarang konsumen memasukannya kebengkel, keluhan ini sebagai acuan ketika kamu servis motor jadi catat semua dan tanyakan awal mula terjadinya keluhan tersebut agar kamu dapat dengan mudah menganalisa penyebab dari kerusakan sepeda motor konsumen.

Menyiapkan alat-alat untuk servis motor

    Alat servis motor kunci-kunci berfungsi untuk membantu kita ketika akan membuka atau melepas spare part, selain kunci-kunci kamu juga harus menyiapkan bahan-bahan pendukung untuk servis motor seperti kain lap, vaselin/stempet, bensin bahan-bahan ini sangat sederhana tapi sangat penting kamu menyiapkannya karena jika kita belum menyiapkan bahan-bahan tersebut maka akan sangat menguras waktu servis motor karena harus mencarinya terlebih dahulu, intinya semua alat dan bahan harus tersedia, bersih dan tertata dengan rapi agar mudah untuk menggunakannya.

Melakukan servis motor dengan cara memperbaiki keluhan konsumennya terlebih dahulu.

    Dengan memperbaiki keluhannya terlebih dahulu kamu dapat menghemat waktu dan dapat meningkatkan kepercayaan konsumen kamu, contoh kondisi misalkan kamu fokus poin-poin servisnya terlebih dahulu (baca: klik disini untuk mengetahui poin-poin servis motor) jika ada konsumen yang terburu-buru mungkin akan menuntut kita agar lebih cepet dalam pengerjaannya dan kamu kurang fokus dalam servis motornya dan akan berimbas servisan motor kamu kuran maksimal dan hal ini akan menghilangkan kepercayaan konsumen tersebut.

Lakukan analisa keluhan sepeda motor konsumen agar tidak terjadi keluhan seperti itu lagi.

    Mengevaluasi setiap pekerjaan servis motor sangat lah penting karena ini menyangkut kredibilitas atau nama baik bengkel kamu, jadi lakukan analisa dan perbaikan yang teliti dan mendalam agar keluhan yang disampaikan konsumen tidak terjadi lagi.

Pengecekan akhir, melumasi komponen yang perlu dilumasi dan membersihkan sepeda motor dari oli kotor yang menempel dibodi sepeda motor.

   Ini adalah tips terakhir ketika servis motor yang pertama lakukan pengecekan kekencangan baut-baut seperti baut roda, baut bodi dan lainnya, kedua lumasi komponen atau spare part yang perlu dilumasi misalnya standar samping, rantai roda, engsel bar step dan lainnya, yang terakhir yaitu kebersihan sepeda motor setelah diservis, ketika sepeda motor masuk ke bengkel dalam kondisi bersih usahakan setelah diservis motor juga harus dalam kondisi bersih terutama grip gas karena ini yang pertama kali konsumen pegang, lap grip gas dengan kain yang halus dan kering juga lap bodi sepeda motor, hal ini bisa membuat konsumen menjadi nyaman dan diharapkan menjadi konsumen yang loyal.

Baca juga: Banyak yang tidak tahu, cara membersihkan throttle body sepeda motor dengan benar agar motor aman dikendarai.

Posting Komentar

If you can't commemt, try using Chrome instead.